Implementasi Program Maghrib Mengaji di Kota Cirebon by Agus Talik, S.Ag

 

Tradisi     Maghrib     mengaji     sudah  berlangsung lama, bahkan      sejak      zaman  wali   Sanga. (Fahrul    Syawal,    dakwah    wali    Sanga)    Lambat laun sesuai perkembangan zaman   hingga    kini    era    teknologi    dan    informasi       tradisi    Maghrib    mengaji    ini mulai    menurun secara signifikan.    Banyak    aspek yang     menjadi penyebab       generasi   muda   sehingga   acuh    tak    acuh    dari    lingkungan    realitas    sosial dan   tenggelam  pada   ekosistem   digital. (Rika    kartika,    journal    of    Civic education).   Begitu   besar   dampak yang ditimbulkan    gadget    di    kalangan    remaja    bahkan    juga orang   dewasa   membuat   perubahan   ber   kaitan   dengan   tergerusnya   tingkah polahnya  mereka   di   kalangan   masyarakat    itu    sendiri    ,    diantaranya    tradisi    Maghrib mengaji    yang    mulai    punah    (tri    asih    wismatyingtyas,jurnal     pemikiran administrasi    negara).    Padahal    keberadaan    Maghrib     mengaji     sangat     vital guna menjadi tameng    akhlak    atau    perilaku    khususnya    di    kalangan    anak    anak dan     remaja, oleh     karena     itulah      kementrian      agama      melalui      keputusan menteri   agama   no   150   tahun   2013    tentang    Pedoman    gerakan    masyarakat Maghrib mengaji (GENMAR.MENGAJI)   yang   salah   satu   tujuannya   adalah membentuk    kepribadian    berdasarkan     Al     Qur'an     dan     mencegah     kerusakan moral   (kementerian   Agama   Republik   Indonesia    (2014)    gerakan    masyarakat Maghrib    mengaji(GEMMAR    MENGAJI)    Jakarta:    kemenag    RI).    Dalam pelaksanaan    nya    sejak    tahun    2014    hingga     saat     ini     realisasinya     di masyarakat    belumlah    berjalan mulus,  setiap    daerah    belumlah     serentak    mengimplementasikan anjuran    dari    kementerian    agama    ini.    Adapun    beberapa    daerah    yang sudah menerapkan program     Maghrib     mengaji     pun     masih     banyak     aral rintangan.  Dalam    tulisan     ini     penulis     melakukan     penilaian     implementasi     program Maghrib    mengaji    di    kota    Cirebon    melalui    pendekatan    teori     Edward     lll (dalam         Suharsono         2011,90-92),    berpandangan    bahwa    implementasi kebijakan di pengaruhi oleh empat variabel yaitu 

  1. Komunikasi
  2. Sumber daya
  3. Disposisi
  4. Strukrur birokrasi

Maka     untuk     melihat     berjalannya     program     Maghrib     mengaji     di     kota Cirebon    penulis    akan    melihat    di    empat    variabel    indikator. Dalam    hal    Komunikasi, kita    bisa      melihat    apakah      Maghrib    mengaji    ini    di    laksanakan    langsung dalam   bentuk   program   atau   melalui    kebijakan    derivat    atau    turunan    dari kebijakan   publik   diatasnya.   Yang   kedua,   adalah   sumberdaya,   meskipun    isi kebijakan sudah di komunikasikan secara jelas dan konsisten tetapi apabila implementator kekurangan sumber daya untuk melaksanakan   kan   an   maka implementasi    nya    tidak    akan    berjalan   efektif dan efisien. Sumber daya    tersebut     dapat berasal dari sumber daya manusia dan sumberdaya finansial. Yang   ketiga,   disposisi.yaitu   sifat   dan   kepribadian   yang    di    miliki    oleh implementator    seperti    komitmen,    kejujuran    sifat    demokratis.    Apabila implementator     tersebut      dapat      menjalankan     kebijakan     dengan     baik     seperti apa yang diinginkan oleh pembuat kebijakan atau malah sebaliknya   ketika implementator    memilikinya    sikap    atau    prospektif     yang     berbeda     dengan pembuat    kebijakan     maka     proses     implementasi     kebijakan     menjadi     tidak proporsional. Yang ke empat struktur birokrasi, struktur organisasi yang bertugas mengimplementasikan      kebijakan      memiliki       pengaruh       yang       signifikan terhadap     implementasi     kebijakan faktor    dari      struktur      organisasi      adalah standard     operating      prosedure(      SOP)      dan      fragmentasi struktur      organisasi yang    terlalu    panjang    akan    cenderung    melemahkan    pengawasan     dan menimbulkan    red    tape    yaitu    prosedur    birokrasi    yang    rumit    dan    kompleks yang menjadikan aktivitas organisasi tidak fleksibel.

Implementasi komunikasi. Program   Maghrib   mengaji   di   kota   Cirebon   di    mulai    saat    walikota    bapak Subardi    SPD     di     tahun.2011     dengan     melaunching     gerakan     masyarakat Maghrib    mengaji    yang    bertempat    di    gedung    islamic    centre     kota     Cirebon yang   dihadiri   ketua   DPRD   ,saat   itu   Drs   Nasiruddin   Azis    SH,    unsur muspida,ketua    MUI    dan     dari     kantor     kementerian     agama     Jawa     barat. Program   Maghrib   mengaji   di    kota    Cirebon    ini    merupakan    program majemuk turunan     dari     kebijakan     di     atasnya     khususnya      dari      kementerian agama   pusat   juga    peraturan    gubernur    Jawa    barat.    Sehingga    implementasi program    Maghrib    mengaji    ini    sebenarnya    secara     legalitas     perundangan undangan   nya   sangat   kuat   tinggal   sejauh   mana   komunikasi   yang    di    bangun antara   pemerintah   kota   Cirebon,   pemerintah    propinsi    dan    pemerintah    pusat melalui    kementerian    agama    .     Sejak    di    maklumatkan    gerakan    Maghrib    mengaji di   tahun   2011   maka   program   ini   sudah    berjalan    10    tahun, yang    seharusnya sudah dirasakan secara berkesinambungan, gerakan ini di   masjid   masjid   ataupun   di mushola, namun    ironisnya   suaranya   masih     belum     terasakan     di     seluruh wilayah   rw   di    kota    Cirebon.    Hal    ini    berkaitan    dengan    implementasi komunikasi    masih    belum    berjalan    dengan    baik     karena     bersifat     satu     arah Top   down   ,   program   derivat   yang   hasil   laporan   dan   tindak    lanjut    dari pemangku   kebijakan   di   atas   nya    tidak    berjalan,sehingga    terkesan    program Maghrib mengaji ini hanya sekedar anjuran belaka.

Implementasi sumber daya Berkaitan      implementasi      sumberdaya      dalam      program      Maghrib       mengaji maka    pelaksanaan    di    tingkat    pemerintah    adalah    bagian     kesra     bahu membahu dengan     kementrian     agama.     Namun      implementator      di      lapangan      masih belum   begitu   jelas.Terlihat   terhentinya   program   ini    selama    11    tahun    ,dan kembali di lounching di tahun ini oleh walikota   bapak   Nasiruddin   Azis   SH bersamaan    dengan    lokakarya    dan     penutupan     kuliah     kerja     nyata     (KKN) gemar   mengaji   tingkat   kota   Cirebon   oleh   lp2m   IAIN   syekh   Nurjati.yang melibatkan mahasiswa KKN IAIN syekh Nurjati untuk merealisasikannya. Program   Maghrib   mengaji,yang   dalam   prakteknya   terdapat   kesulitan    dan keterbatasan    distribusi    mahasiswa    karena    banyaknya    jumlah     mushola     dan masjid   di   kota   Cirebon,selain   itu   saat   KKN   berakhir    maka    berakhir    pula kegiatan    pengajaran     Qur'an     di     Maghrib     mengaji.penulis     melihat     belum adanya    keseriusan     dalam     mensukseskan     program     Maghrib     mengaji     ini, terlihat    belum     terlihat     profile     pejabat     yang     tampil     menggerakkan     sukses nya    program     ini     khususnya     kaitan     dengan     persoalan     minimnya     pengajar dan belum adanya langkah langkah melibatkan berbagai   komponen   untuk menyelesaikan     masalah     keterbatas     SDM     ini.selain      problematika      SDM pengajar    program    Maghrib     mengaji     ini     juga     terkait     sumberdaya finansial.sudah     berapa     besar     alokasi     APBD      Pemkot      untuk      program Maghrib mengaji ini,   ataukah   hanya   sebuah   program   yang   tidak   di   dukung anggaran nya. Implementasi di Implementator   di   lapangan   dalam   program   Maghrib    mengaji    inipun    serasa setengah     setengah     sehingga     menjadi     kurang     optimal,     dalam     tataran pemangku      kebijakan belum   terlihat   kesungguhan   dalam   menggoal   kan program ini karena boleh jadi ada kesulitan dalam menentukan target keberhasilan,apakah     targetnya     berhasilnya      peserta      belajar      mengaji      di program    Maghrib    mengaji    ataukah    yang    penting     ada     kegiatan     belajar mengajar     di     setiap     masjid/mushola     dan     tempat     lainnya     saat     Maghrib hingga   isya.   Sehingga    berdampak    pula    pada    karakter    kesungguhan    dan keseriusan     pelaksana/implementator     di     lapangan,     apakah     sekedar      mengajar atau   ada   target    target    selanjutnya    misal    setelah    bisa    baca    tulis    Al Qur'an,lanjut     program     tahsin,atau     ke     tahfizh     atau     ada     pelajaran     bahasa Arab dan ilmu Diniyah lainnya semua nya harus sudah jelas.

Implementasi struktur birokrasi. Ini    bagian    paling    penting    menurut    penulis     bagaimana     pemerintah     kota Cirebon   secara   jelas   menunjukkan    para    pelaksana    tugas    program    Maghrib mengaji   hingga    struktur    terbawah    nya,dan    di    ikuti    SOP    yang    jelas    dan mudah     di     fahami.      Jika   program   Maghrib   mengaji   ini   adalah   sebuah gerakan    maka    struktur    birokrasi    yang    ada    haruslah    melakukan    sebuah kolaborasi    dengan     komponen     masyarakat     untuk     mensukseskan     program Maghrib     mengaji     ini.     Sama     halnya     Pemerintah     telah     berhasil mengkondisikan     penyebaran     covid     19     karena     pemerintah     mengkolaborasi semua struktur birokrasi dan   juga   komponen   masyarakat   untuk   suksesnya pengendalian     covid.     Kembali     dengan     program     Maghrib     mengaji     maka seluruh     struktur     birokrasi     dan     seluruh     ASN     agar      berpartisipasi mensukseskan program Maghrib mengaji   ini   dan   juga   mengajak   komponen masyarakat      ;      tokoh      agama,ustadz/dzah,majelis      ta'lim,      madrasah/TPA, pesantren dan lain nya utk mensukseskan program Maghrib mengaji ini

Kesimpulan. Program mengaji merupakan upaya dalam mewujudkan masyarakat yang religius . Sehingga peranannya amat penting dalam membentuk akhlakul karimah. Program magrib mengaji ini mengemban misi dalam membetengi dampak negatif yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi yang semakin pesat. Memerangi budaya-budaya global yang tidak sesuai dengan agama dan tradisi nenek moyang. Dengan program Magrib mengaji dihararapkan mampu membentuk tunas-tunas bangsa yang berdaya saing namun berkarakteristik  .

Biodata Penulis

 

 

Agus   Talik   ,   kelahiran   Cirebon   20   Mei   1973,    Penulis    adalah    penggiat pendidikan   dan   dakwah   di   kota   Cirebon,   sedang    studi    di    Pascasarjana    IAI bunga bangsa Cirebon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SUKSES DARI ORANG SUKSES by ANCE WULAN NURFARIDA